Senin, 24 Agustus 2015

PILIH MANA: HONDA NEW HRV ATAU NISSAN JUKE?

PILIH MANA: HONDA NEW HRV ATAU NISSAN JUKE?
sumber berita: Autobild




OTHER FACT

Pilihan Mesin
Sejak pertama kehadirannya HR-V langsung menghadirkan 2 pilihan mesin. Yakni 1.497 cc dan 1.799 cc. Kedua mesin ini menggunakan katup variabel i-VTEC. Tenaga 120 dk adalah output mesin 1.497 cc, sedangkan mesin 1.799 cc-nya  mengeluarkan tenaga 139 dk.

Sementara Nissan Juke hanya hadir dengan 1 pilihan mesin saja, yakni unit mesin berkode HR15DE dengan kapasitas silinder total 1.498 cc. Output tenaga yang bisa dikeluarkannya mencapai 114 dk.


Pilihan Transmisi
HR-V dihadirkan dengan dua pilihan transmisi yakni manual dan otomatis. Untuk transmisi manual, terdiri atas 6 percepatan dengan rasio yang cukup rapat. Sedangkan otomatis menggunakan sistem transmisi CVT. Nissan Juke, baik itu Revolt atau standar hanya hadir dengan satu pilihan transmisi yakni otomatis dengan sistem Xtronic CVT.


Varian
HR-V dihadirkan dalam 4 varian yakni 1.5 A M/T, 1.5 S M/T, 1.5 S A/T, 1.5 E A/T dan 1.8 Prestige. Perbedaan kelima varian tersebut pun signifikan sehingga rentang harganya menjadi cukup lebar mulai dari Rp 246-361 juta (on the road Jakarta).

Juke hanya hadir dalam 4 varian, itupun terbagi dalam 2 trim saja sementara HR-V 4 trim (A,S,E, Prestige). Tak heran jika harga Juke hanya terbagi dalam rentang Rp 265,9-294,9 juta (on the road Jakarta).

Kesimpulan
Nissan Juke Revolt, bagaimana pun adalah lawan tangguh bagi Honda HR-V 1.5 E CVT. Terutama di soal performa, ia kencangnya dan cenderung lebih hemat dibanding HR-V.

Tak hanya itu, tampang uniknya bagaimana pun selalu memicu kontroversi sampai kini. Desain Juke hanya punya 2 pilihan reaksi, cinta dengan segala keunikannya atau benci sama sekali. Nah, di Revolt dengan segala body kit-nya, itu menjadikan kesan kehadiran Juke menjadi lebih kontras. ia pun tampil lebih penuh percaya diri.

Namun pada akhirnya, HR-V memiliki poin yang lebih banyak karena lebih unggul di beberapa sektor. Ia lebih menyenangkan dikendarai dan punya lebih banyak fitur. Bodi lebih besar pun membuat ia lebih nyaman karena akomodasinya lebih luas.

Tak kalah penting, semua kebaikan HR-V 1.5 E itu diraih dengan harga yang sedikit lebih 'murah' dari Juke Revolt. Alhasil, Honda HR-V 1.5 E CVT pun tampil sebagai pemenang di pertarungan kali ini. Ia pun lolos dari sergapan jalur neraka.
Peringkat Akhir
Honda HR-V 1.5 E Nissan Juke Revolt
1 2
+: Paddle shift, akomodasi kabin, kontrol traksi
-: Bantingan suspensi, tanpa mode berkendara, tak ada kamera parkir
+: Mode berkendara, headunit, efisiensi BBM
-: Legroom, tak ada paddle shift, bagasi sempit

0 komentar:

Posting Komentar